Kualifikasi yang Harus Kalian Miliki Untuk Menjadi Game Developer

Kualifikasi yang Harus Kalian Miliki Untuk Menjadi Game Developer! Kalian tentu saja pernah bermain dalam situs game online, bukan? Nah, ketika kalian bermain, pernahkah kalian peka terhadap tatanan game tersebut, kode bahasa yang digunakan, serta segala seluk beluk lain yang ada di dalamnya?

Selanjutnya, tahukah kalian bahwa ada banyak sekali pihak yang berjasa dibalik boomingnya permainan tersebut? Ternyata, dibalik sebuah game online yang kalian mainkan saat ini, ada banyak sekali orang dan pihak yang berjasa mulai dari membuat konsep, eksekusi, hingga debut seperti saat ini. Mereka itu adalah developer game online.

Nah, sebelum kita mengulas lebih jauh tentang game developer seperti yang tertulis pada judul, apakah kalian sudah tahu apa atau siapa itu game developer? Game developer ini adalah seseorang yang bekerja di bidang software developer yang khusus menangani hal-hal berkaitan dengan perangkat lunak, salah satunya adalah pembuatan sebuah game.

Mungkin hal ini jugalah yang menjadikan mengapa posisi sebagai developer game online ini mayoritas penghuninya adalah para lulusan teknik komputer dan jaringan, teknik informatika, dan teknik multimedia yang mana memang sudah menjadi keahlian mereka dalam hal tersebut.

Walaupun terkenal memiliki seleksi masuk yang sulit dan super ketat, nyatanya posisi sebagai developer perangkat lunak ini tetap saja menjadi posisi incaran bagi setiap pelamar kerja. Selain gaji yang terbilang lumayan, pamor dan image dari game developer juga menjadi faktor utama ramainya posisi ini diminati.

Besarnya animo masyarakat terhadap posisi seorang developer game online ini sebenarnya juga sedikit menyusahkan pemilik perusahaan untuk memilih satu yang terbaik dari sekian banyak pelamar tersebut. Itulah mengapa, ada beberapa kualifikasi yang harus dimiliki sebagai nilai plus bagi seorang developer, diantaranya adalah:

Multitasking alias Skill Full

Ketika kalian memutuskan untuk terjun di dalam dunia perangkat lunak, maka sejak saat itu pula kalian dituntut untuk bisa menguasai beberapa disiplin keahlian sekaligus. Menjadi multitasking sangat diperlukan ketika kalian mengincar posisi ini.

Ini semua dikarenakan, nantinya, dalam dunia kerja yang akan kalian hadapi adalah pemrograman dengan segala konsekuensi yang ada di dalamnya. Salah satu keahlian yang harus kalian miliki sebelum melamar posisi developer game online adalah problem solve yang baik ketika nanti menghadapi masalah dalam bekerja.

Bukan hanya itu saja, disiplin dalam bahasa pemrograman juga akan menjadi nilai plus tersendiri ketika kalian mampu menguasainya. Satu hal yang perlu diingat, semakin banyak kode bahasa kalian kuasai, maka semakin besar pula peluang kalian untuk mendapatkan posisi tersebut.

Kalian, sebagai calon developer game online yang baik juga wajib memiliki etos kerja yang tinggi. Selain loyal terhadap perusahaan, sifat loyal pada diri sendiri juga harus dimiliki. Salah satu caranya adalah mampu me-manage potensi diri yang kalian miliki dan mengaplikasikan dalam dunia kerja nantinya.

Pendidikan

Tidak hanya posisi game developer saja. Hampir semua lowongan pekerjaan yang mengandalkan otak dan skill selalu mematok batasan pendidikan. Bukannya apa, dengan tenaga kerja yang terdidik juga terlatih, kualitas perusahaan juga akan semakin baik. Biasanya, minimal pendidikan adalah diploma 3 atau S1 sesuai disiplin ilmu yang diperlukan.

Selain pendidikan, pengalaman kerja juga akan menjadikan kalian lebih menonjol di antara pelamar yang lain. Karena, teori yang diajarkan ketika kalian kuliah, biasanya sulit diterapkan ketika kalian sudah bekerja. Itulah kenapa, pelamar developer game online antara fresh graduate dengan seseorang yang telah berpengalaman selalu didahulukan orang dengan pengalaman.

Kreatif

Memiliki sifat kreatif tentu saja akan menjadikan kalian mudah diterima dimana saja. Khususnya pada posisi game developer ini. Hal ini dikarenakan, sebagai seorang perancang game, tentu saja kalian harus memiliki sifat kreatif. Kreativitas akan menjadikan penikmat game bisa ikut merasakan sensasi yang kalian ciptakan tersebut.

Tidak hanya itu, kalian sebagai seorang developer game online juga harus mampu membangun jalan cerita yang menarik juga menciptakan visualisasi permainan sehingga bisa terasa real oleh pengguna nantinya.

Kalian juga harus mampu memperhatikan setiap detail paling kecil dari permainan, seperti warna, tekstur, pakaian, hingga latar belakang sebuah game yang kalian sengaja ciptakan tersebut.

Komunikasi

Skill dalam hal komunikasi merupakan salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh seorang pelamar posisi developer game online. Karena nantinya kalian juga harus pandai berkomunikasi dengan bos atau pun klien yang dalam hal ini adalah perusahaan pengembang dan investor.

Bahkan, dalam proses pengembangannya, sebagai game developer, kalian juga harus senantiasa menjalin komunikasi dengan bagian quality assurance atau tester. QA sendiri adalah seseorang yang bertugas untuk menguji sebuah game hingga bagian terkecilnya serta memberikan masukan apabila dibutuhkan.

Tahap dalam pembuatan video game merupakan tahapan paling rumit serta memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk menyempurnakannya. Oleh karena itulah, kalian sebagai calon developer game online harus memiliki skill yang baik dalam hal mendengar serta memastikan bahwa harapan perusahaan tercapai.

Selain itu, kalian juga harus memiliki sifat rendah hati serta management ego yang baik. Satu hal yang harus kalian ingat adalah kalian tidak sedang menciptakan sebuah game online untuk diri kalian sendiri. Sebagai seorang developer, sudah sepatutnya kalian mampu bekerja sama dengan semua orang dan mendengarkan masukan mereka.

Satu hal yang perlu diingat oleh seorang developer game onlineadalah selera yang kalian miliki belum tentu sesuai dengan rekan kerja, klien, dan juga atasan kalian. Sekali lagi, management ego yang baik akan memudahkan kalian mendapatkan posisi ini.

Suka Bermain Game

Syarat yang satu ini tentu saja syarat paling dasar dan masuk akal yang harus dimiliki oleh seorang game developer. Sangat tidak mungkin apabila kalian menjadi seorang perancang game online sedangkan kalian sendiri tidak memiliki kegemaran sedikitpun dalam hal memainkan game online tersebut.

Dengan basic gemar bermain game, secara tidak langsung kalian memiliki hobby yang dibayar. Hal ini adalah impian dari semua orang, bukan? Banyak perusahaan game online yang tidak hanya menekankan syarat skill dalam recruitment nya, melainkan calon developer game online juga haruslah seorang yang maniak video game.

Posisi sebagai game developer ini memang bukanlah profesi yang akan cocok dengan semua orang walaupun banyak sekali yang menginginkannya mengingat target pekerjaan yang tidak ada henti ditambah berbagai deadline yang menuntut mereka harus selalu produktif.

Pekerjaan sebagai developer game onlinemenuntut kesempurnaan dan juga improvisasi yang tidak ada habisnya disetiap kesempatan. Apabila bermain game online adalah kegemaran kalian, mungkin saja profesi ini akan cocok dengan kalian.

Dapatkan game online lain selain yang di sebutkan di atas seperti di situs http://194.156.98.51.

Berbagai ulasan di atas adalah kualifikasi yang harus kalian miliki ketika kalian ingin bergabung menjadi bagian dari developer game online. Bekerja dalam pembuatan video game ini akan menambah pengalaman baru untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *