Belajar bahasa asing melalui game online

Belajar bahasa asing melalui game online. Apakah bisa ? setiap orang pasti menyukai yang namanya permainan. Tidak dapat dipungkiri jika rasa bahagia bisa muncul setelah otak kita diberikan hiburan, rasa stress yang muncul dikarenakan bosan juga bisa terobati dengan bermain game. Baik game online maupun game yang bisa kita mainkan tanpa adanya jaringan internet. Ketika zaman semakin berkembang pesat teknologi juga turut menghadirkan beragam fitur canggih yang dapat kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Game online bukan saja memberikan hiburan namun turut menyajikan sarana edukasi bagi para pengguna internet khususnya gamers. Pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari bemain game online yaitu belajar bahasa asing, bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang mendunia. Bahasa inggris adalah bahasa persatuan bagi setiap Negara, berarti jika kita bisa berbahasa inggris maka kita bisa keliling dunia ? nah benar bekal yang bisa kita siapkan selain uang yaitu bahasa. Maka dari itu wajib hukumnya untuk kita belajar bahasa inggris.

Berlatih secara terus menerus merupakan salah satu langkah yang perlu kita ambil jika ingin lancar berbahasa inggris. Banyak metode yang bisa dilakukan untuk kita belajar, jika kita hanya mengandalkan waktu belajar di sekolah saja untuk mahir berbahasa inggris tentu cara itu tidak efektif. Karena waktu pembelajaran yang terbatas maka kita dituntut untuk mempraktekannya sendiri dirumah. Salah satu cara yang terbilang efektif adalah belajar bahasa asing melalui game online.

Sekarang pertanyaannya yaitu, apakah mahir berbahasa inggris hanya dengan game online ? tentu saja bisa jika kalian sungguh-sungguh dalam melakukannya. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan tekun dan terus menerus akan menghasilkan hasil memuaskan. Walaupun telah menjadi kewajiban ternyata belajar bahasa inggris merupakan suatu hal yang membosankan bagi sebagian orang. Apalagi jika kamu tidak terlalu tertarik untuk mempelajarinya namun wajib untuk kamu bisa.

Butuh waktu yang terbilang lama untuk menguasai bahasa yang satu ini, jika kalian hanya mempelajari struktur kataya saja, sudah otomatis harapan mu hanya sekedar mimpi. Sehingga tak heran jika pada akhirnya kamu tidak mendengarkan gurumu secara sungguh-sungguh dalam pembelajaran. Belajar bahasa inggris melalui game online merupakan strategi terbaik untuk menghilangkan rasa bosan tersebut. Maka dari itu banyak developer yang berlomba-lomba membuat game untuk kita belajar bahasa inggris dengan cara yang berbeda.

Beragam game pada akhirnya dibuat dan dirancang lebih simple untuk memudahkan pengguna atau pemain saat bermain game online sebagai media belajar bahasa inggris. Sudah barang tentu hal tersebut dilakukan agar mudah diaplikasikan dan sistem pembelajaran nya mudah dijangkau oleh siapapun baik anak-anak maupun dewasa. Karena yang harus kalian lakukan hanya bermain game, tanpa pusing memikirkan bagaimana cara mengoperasikannya. Jika hal tersebut berhasil kamu lakukan maka dalam waktu dekat kalian akan mahir dalam berbahasa inggris.

Masih tidak percaya jika belajar bahasa inggris bisa dilakukan melalui game online ? berikut ada beberapa game terbaik yang bisa kalian mainkan sekaligus dijadikan sebagai media pembelajaran.

1. Hangman

Hangman merupakan salah satu game yang didalamnya berisi salah satu orang berperan sebagai juri kemudian menentukan kata kunci apa yang harus ditebak. Biasanya dalam permainan ini banyak menggunakan istilah bahasa asing yaitu bahasa inggris maka  bagi kalian yang ingin menambah kosakata dalam berbahasa inggris game ini sangat cocok bagi kalian. Tugas untuk pemain lainnya yaitu menebak apa kata yang ditunjukan oleh juri tersebut secara bergiliran. Jika huruf tersebut sulit untuk ditebak maka juri memberikan clue dengan menggambarkan ciri-ciri dari kata yang dimaksud. Dan dalam permainan ini bebas siapa saja pemain yang mau menebak, permainan ini pun berakhir ketika ada salah seorang pemain yang berhasil menebak kata kunci yang diberikan oleh juri tersebut.

2. Scrabble

Salah satu permainan yang paling banyak diminati dan dimainkan oleh banyak orang di seluruh penjuru Negara yaitu scrabble. Belajar bahasa inggris melalui game online tentu saa harus mencoba game scrabble ini sebagai salah satunya. Sebab game tersebut mampu menarik banyak orang untuk belajar bahasa inggris dengan tidak membosankan, bagi yang belum mengetahui bagaimana permainan ini mampu membuat banyak penggemar simak keterangan berikut ini. Scrabble merupakan permainan yang mengharuskan pemain menyusun dan menggabungkan beberapa huruf yang dimiliki menjadi satu kata yang memiliki makna. Ketika kamu berhasil menyusun kata tersebut menjadi lebih panjang maka poin yang didapatkan juga akan meningkat. Tidak usah malu untuk menggunakan kamus saat kamu bermain game tersebut, karna kamu akan menemukan beberapa kata yang sebelumnya tidak diketahui terjemahannya. Maka hal itulah yang membuatmu menjadi tahu dan menambah vocabulary yang dimiliki secara jelas.

3. Rhyme Game

Permainan yang satu ini jarang banyak yang mengetahui tetapi ternyata game ini sangat simple dan mengedukasi untuk belajar berbahasa inggris dengan praktis. Yang perlu dilakukan yaitu kalian hanya memilih satu kata kemudian mintalah anak anda menyebutkan ulang kata tersebut. Biasanya kata yang digunakan yaitu verb irregular atau kata lain yang spelling nya hampir sama, sehingga kemungkinan anak anda akan kesulitan untuk menebaknya. Selain untuk menambah kosakata baru, kalian juga dapat mengasah memori. Kemudian pada tahap selanjutnya kalian menebak sambil menyebutkan kalimat pertama yang kalian tebak, jadi istilah lain dari game ini yaitu kata berantai namun menggunakan bahasa inggris.

4. Cliford : Make A Word

Bagi sebagian orang yang tertarik belajar bahasa inggris melalui game online, game cliford: make a word merupakan salah satu genre game online yang mudah dalam pengaplikasiannya. Game yang berbentuk puzzle ini akan menyajikan empat kata dalam bentuk yang tidak utuh. Tujuan dari game tersebut yaitu membuat kata lebih banyak dan menyelesaikan misi yang terdapat pada kotak sebelah kanan. Kemudian setelah itu game ini juga membantu anda dalam mengeja dan membaca apa yang sudah kalian susun, setelah itu dibagian kanan akan muncul audio yang melafalkan ejaan kata tersebut. Maka kalian bisa mengulang kata-kata tersebut sehingga menjadi sebuah vocabulary yang baru.

Cara terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan terus mengulang speaker dan ikut melafalkannya. Kemudian kunci dari permainan ini agar kalian bisa mahir dalam berbahasa inggris yaitu menggunakan kamus daring untuk menerjemahkan setiap kata baru yang belum anda ketahui maknanya. Jangan pernah melewatkan hal tersebut sebab kunci utama dari kesuksesan kita dalam belajar bahasa khususnya inggris adalah terus berlatih dan tidak mengeluh dalam melakukannya.

Selain untuk belajar bahasa asing dalam bermain game Anda juga bisa bermain game dengan menghasilkan uang seperti bermain game judi bola online.

Beberapa game yang telah disebutkan diatas merupakan sebagian dari banyak nya game online lain yang menyajikan berbagai fitur yang membantu kita memahami dan belajar berbahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *